Kamis, 14 November 2013

Personal Survival Kit

PERENCANAAN YANG BAIK ADALAH SEPARUH DARI KEMENANGAN


by sndhz NIM 05.0584.01
SURVIVAL KIT sebut saja perlengkapan pembantu untuk bertahan hidup, JAH!!
SURVIVAL berarti BERTAHAN hidup dalam keadaan / kondisi darurat. Biasa terjadi pada setiap manusia dalam petualangannya. Tidak hanya kegiatan alam bebas, kehidupan di kota pun banyak menuntut seseorang untuk melakukan Survival. Sebut saja Mahasiswa yg mandiri, membiayai hidup dan kuliahnya sambil bekerja dengan penghasilan pas-pas an. Mereka juga melakukan Survival dengan berhemat, bahkan mengatur waktu makan (ya, waktu makan. bukan menu makan. << Fakta!! haha). Jadi kemampuan Survival ini adalah kemampuan yang sangat penting, yang seharusnya secara sadar dimiliki oleh setiap manusia. Haha, menjadi sedikit melebar ya,

Kali ini materi yang akan dibagi adalah mengenai peralatan apa saja yg menjadi komponen utama dalam Survival. Tentunya Survival di alam bebas, bukan di kota, yg masih bisa "bayar mundur" di warung sebelah. Oke, Lanjut TeKaPe!!!


Komponen peralatan survival sangat variatif dan dapat di modifikasi sedemikian rupa. Asalkan fungsi dan tujuan dari peralatannyanya tidak berubah. Mulai yg di desain secara canggih melalui perhitungan matematis oleh pakar ilmu praktis, sampe yg sangat sederhana diciptakan oleh tangan-tangan kreatif.
SURVIVAL KIT sesuai namanya paket, bisa dibawa kemana saja, ringkas namun tidak mengurangi fungsi dan kegunaannya.

Namun yang harus digaris bawahi dan di tekankan KERAS – KERAS dari perlengkapan SURVIVAL, bahwa semua perlengkapan itu tidak ada gunanya jika kita tidak mempunyai komponen utama dan mendasar yaitu MATERI SURVIVAL. maka OTAK lah komponen pertama dan utamanya.. hahahaha.


Selain itu, dalam kaedah ilmu manajemen perjalanan alam bebas, SURVIVAL seharusnya tidak boleh dijalani namun sangat dianjurkan untuk dipelajari, dipersiapkan dan dilatihkan. Melaksanakan SURVIVAL adalah HALAL jika takdir yang memanggil anda untuk melaksanakannya!!! Selebihnya, perlu ditanyakan 5 W 1 H rencana perjalanan anda, kok ya bisa – bisanya sampai ber SURVIVAL ??? pasti ada yang salah dengan management perjalanan anda?

Nah kembali lagi ke perlengkapan SURVIVAL KIT, jika OTAK sudah siap OK!! SURVIVAL KIT juga tidak akan berguna jika tidak dibawa. ( hahahaa inyong kelalen... )  


Baiklah, semakin tidak sabar. Mari kita urutkan perlengkapan tersebut menurut prioritas kebutuhannya
  • Alat Tulis Kit 
Sebut saja ini adalah perlengkapan panduan / pengingat / pendukung senjata utama kita “OTAK”, tidak kita pungkiri karena panik, shock atau blank mungkin kita lupa materi survival tersebut. 
  • Sleeping Kit
Berlindung / tidur di alam bebas, melindungi dari bahaya sekitar, dari dingin, hewan atau beristirahat mengumpulkan tenaga untuk bertahan / meneruskan  perjalanan selanjutnya.  
Emergency sleeping bag ini sangat berguna untuk berlindung dari dicuaca dingin, menyimpan panas tubuh dengan baik, lipatan sangat kecil, ringan dan mudah dibawa.

 Sedangkan kalau yang satu ini sebut saja plastik kantong kerupuk, tapi jangan salah ini cukup handal dan sudah teruji, yang tentunya murah, memiliki fungsi sama dgn emergency sleeping bag dan bisa digunakan bermacam – macam.


Ponco Militer
Ponco Militer / Jas hujan kelalawar, sederhana tapi multi fungsi kegunaannya (tergantung imajenasi anda),  kuat bisa dipakai berkali – kali (punya 8 tahun sampai hilang), beberapa fungsinya : jas hujan, tenda/shelter/bivack, sleeping bag, hamook (kantong tidur), tandu, ambil air, pelampung berenang, selimut, alas duduk, ikat maling, bahan pembuat api dll hahaha..

Flysheet
Fungsi sama dengan ponco tapi lebih modern lebih mahal namun bisa dilipat kecil.  Memiliki bahan anti air yang fungsinya digunakan sebagai pelindung tenda dari hujan maupun cuaca. Selain itu Flysheet juga berfungsi sebagai pengganti tenda, dalam keadaan darurat fungsi dari flyshhet ini mampu memberi perlindungan  untuk bermalam atau saat kondisi hujan dan cara pemasanganya pun cukup mudah

  • Api dan Penerangan
Menyiapkan api sebagai persiapan memasak, pelindung dari dingin / hewan atau  sebagai penerangan. 
Korek api anti air (korek kayu disimpan tutup roll film) , potongan sumbu kompor, parafin kecil,  serbuk kayu campur spirtus dalam kaleng semir (kayak judul sinetron), tentunya sangat murah dan bisa dibuat sendiri.


Kurang lebih sama seperti keterangan diatas, hanya saja yang ijo2 fire starter (magnesium) alias batu pematik

Kalau yang ini baru murah meriah dan multi fungsi (korek&senter)

  •  Air 
Perlengkapan air pada dasarnya dibagi menjadi 3M : 
  1. Mencari
  2. Menampung
  3. Memurnikan
Siapkan selalu dan pastikan ada setiap saat, kecil tapi sangat bermanfaat. Dalam survival makan tanpa minum cukup bertahan 4 hari, namun minum tanpa makan bisa sampai 4 minggu (tergantung kondisi dan keadaan survivor)
Penjernih Air

  • Sinyal Dan Navigasi
Memang kalo dipikir pikir jarang di negara kita orang hilang mendaki gunung dicari pake helikopter trus signal miror kita jadi berguna hahhaha.. tapi eits!! Bawa aja siapa tau berguna, panggilan takdir melakukan SURVIVAL bisa datang kapan saja dan dimana saja. 
Peluit, Cermin, CD, mini kompas

  •     Medis Kit
Perlengkapan ini berguna untuk melakukan pertolongan pertama / sementara pada kecelakaan, saya menyarankan medis kit ini disimpan ditempat yg kedap air karena sifatnya yang rentan terhadap lembab / air / cuaca dan kita tidak bisa bergantung dari tanggal kadaluwarsa namun pada bagaimana cara penyimpanannya.  

  • Toll Kit
Banyak macam pilihan dan perkembangannya, tapi pada dasarnya “IBU” dari toll kit adalah PISAU, (jangan bawa pisau dapur ibu untuk mengisi tools kit) hahaa...  namanya SURVIVAL jadi wajib pisau survival namun yang kita butuhkan pisau dengan ukuran kecil 
  • Pisau Cutter

  • Pisau Lipat

  • Pisau Multi Fungsi

Fixed blide knife / pisau 

Alat Jahit

Tali Temali

Alat Pancing

 ***SELESAI***


saya tidak memasukkan Makanan Kit dalam paket SURVIVAL KIT saya karena masuk kategori bahan bukan peralatan. Anda bisa memasukannya jika diperlukan dan disesuaikan kebutuhan.
Seiring perkembangannya SURVIVAL KIT tidak sebatas disiapkan untuk media hutan, namun bisa juga perkotaan (urban), laut, traveling atau disesuaikan dengan medan / lingkungan yang dihadapi.

SURVIVAL KIT macamnya ada yang bergerak (dibawa kemana saja) atau diam (rumah, mobil, motor, kapal, pesawat) disiapkan di tempat yang bisa kita akses cepat jika sewaktu – waktu dibutuhkan.
Jika kita perhatikan sudah banyak fasilitas tersebut yang disediakan ditempat – tempat umum namun jarang mendapat perhatian dalam pemeliharaannya kadang juga terabaikan (sudah kadaluarsa). Maka tidak ada salahnya kita mempersiapkannya sendiri.

SURVIVAL KIT dalam penggunaannya bisa untuk pribadi, keluarga maupun orang sekitar, oleh karena itu berikan juga daftar isi perlengkapan didalamnya dan cara penggunaannya.
PENGETAHUAN DASAR SURVIVAL seharusnya menjadi materi yang diajarkan dibangku – bangku sekolah, menjadi salah satu keahlian yang dimiliki semua lapisan masyarakat dan tidak hanya orang – orang tertentu.

MENYIAPKAN SURVIVAL KIT merupakan salah satu hal yang perlu kita siapkan mulai dari sekarang, mengingat NEGERI kita sering terjadi bencana alam, kebutuhan dan perlengkapannya bisa mudah kita dapatkan di toko – toko sekitar atau kita buat sendiri.
Berbekal pengetahuan dasar cara hidup di alam, naluri dan keyakinan kita kepada SANG PENCIPTA merupakan dasar kita bisa bertahan hidup.

Mini Survival Kit







Large Survival Kit

Kalau yang ini Kepunyaan Saya
SEMOGA BERMANFAAT !!!
Koment, Tambahan, Hujatan Dll Silahkan :)

4 komentar:

  1. Mantaaabh!!! 100 thumbs up!! Jempol saratus dari inyong... hehehe

    BalasHapus
  2. Salam Lestari Kawan...
    jangan lupa bila kita mengalami kondisi disaat kita harus survive disaat kondisi emergency ingat kata "STOP"
    S artinya stop/ berhenti. disaat kita mengalami kondisi yangsudah statusnya DARURAT kita harus berhenti dahulu agar bisa berfikir tanggap kondisi.

    T artinya thinking / berfikir, disaat kondisi yang penuh pressure atau tekanan kita harus tetap dituntut bisa berfikir cepat. disini kemampuan kita diasah untuk menjadi decision makers atau pengambil keputusan. jadi dalam hal ini para survivor harus benar benar bisa menguasai segala kondisi di lapangan.

    O artinya Observe /mengamati, amati lingkungan posisi kita berhenti apakah ada peluang untuk melakukan sesuatu yang tujuannya untuk safety kita, termasuk rencana penentuan lokasi pembuatan tempat perlindungan / shellter, mencari makanan, air.

    P artinya Planning / merencanakan, rencanakan apa yang akan dilakukan setelah semua prinsip yang diatas sudah diterapkan dari S,T,O hingga akhirnya seorang survivor harus bergerak cepat untuk membuat perencanaan untuk langkah yang akan dilakukan selanjutnya,

    semoga bermanfaat Kawan.

    BalasHapus
  3. salam lestari kawan, ayo materi berikutnya kapan tayang lg ini...

    BalasHapus